Cara Menghilangkan Status Online Di WhatsApp Tanpa/Dengan Aplikasi

Advertisements
Cara Menghilangkan Status Online Di WhatsApp
Cara Menghilangkan Status Online Di WhatsApp

Begini cara menghilangkan status online di WhatsApp di Android maupun iPhone? Cara menyembunyikan status online di WA ini dapat digunakan agar Anda terlihat offline di WA. Ikuti cara setting WhatsApp supaya tidak terlihat online.

Advertisements

Penggunaan aplikasi Whatsapp sebagai sarana berkomunikasi sudah sangat lazim digunakan di zaman sekarang. Kini, Whatsapp bisa digunakan baik dalam konteks informal dengan sesama teman atau grup, atau dalam konteks formal sekalipun seperti kantor atau usaha.

Bagi Anda yang menggunakan satu nomor Whatsapp termasuk untuk kepentingan pekerjaan, bisa jadi Anda sering terganggu jika ada pesan yang masuk di waktu-waktu yang tidak tepat. Sayangnya Anda tidak bisa menghindari pesan tersebut, terlebih lagi ketika pesan tersebut dikirimkan oleh atasan, klien, atau pihak-pihak yang berhubungan dengan pekerjaan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara menghilangkan status online di Whatsapp? Karena bisa jadi yang mengirim pesan pada Anda melihat Whatsapp Anda sedang online, sehingga mereka mengirimkan pesan saat itu juga. Sementara Anda sendiri tidak dalam posisi untuk mengabaikan pesan tersebut. Cukup dilema, bukan?

Perbedaan Status Terakhir Dilihat dan Online WhatsApp

Sebagaimana yang kita ketahui, hampir semua aplikasi berkirim pesan memiliki fitur status online. Fitur ini gunanya untuk mengetahui apakah pemilik akun atau nomor tersebut sedang aktif atau tidak. Namun tentu saja, adanya fitur ini kadangkala membuat sebagian orang tidak nyaman dan terganggu privasinya.

Baca juga : Cara Menghilangkan WhatsApp Sedang Mengetik Dengan Mudah

Sebelum ke tahapan cara menyembunyikan status online di Whatsapp, perlu Anda pahami dulu pengertian dan perbedaan dua status yang digunakan dalam Whatsapp, yaitu status online dan status terakhir dilihat.

Online artinya aplikasi Whatsapp Anda sedang digunakan di perangkat. Pada waktu tersebut, bisa jadi Anda juga sedang melakukan komunikasi lewat Whatsapp.

Status terakhir dilihat (last seen) artinya aplikasi Whatsapp di perangkat Anda tidak sedang digunakan. Jam yang ada di status tersebut memperlihatkan kapan terakhir kali Anda aktif atau menggunakan Whatsapp.

Sebenarnya, Whatsapp juga sudah punya antisipasi mengenai hal ini dengan memberikan fitur menghilangkan status online di Whatsapp. Tujuannya tentu saja seperti yang diharapkan, agar aktivitas Whatsapp Anda tetap terjaga privasinya.

Oiya, cara menghilangkan tulisan online di WhatsApp berikut ini cocok bagi pengguna iPhone dan Android. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti setiap pengaturan yang kami sarankan.

Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp

Ada dua cara menyembunyikan status online di Whatsapp, yaitu melalui pengaturan Whatsapp dan pengaturan mode smartphone yang Anda gunakan. Di sini kami akan menjelaskan kedua cara menyembunyikan status online di Whatsapp Anda satu per satu.

Pengaturan WhatsApp

Cara menghilangkan status di Whatsapp yang pertama bisa dilakukan melalui pengaturan yang ada di Whatsapp Anda. Ikuti langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  • Pilih “Setelan”.
  • Pilih “Pengaturan”.
  • Pilih “Privasi”.
  • Pilih “Terakhir dilihat”.
  • Pilih “Tidak ada”.
  • Selesai.

Dengan cara diatas, status terakhir dilihat tidak akan terlihat lagi oleh siapapun di kontak Whatsapp Anda. Namun status online akan tetap terlihat. Ketika Anda sedang aktif menggunakan WA, maka akan muncul status online yang bisa dilihat oleh kontak WhatsApp Anda.

Ketika Anda sudah selesai menggunakan aplikasi WhatsApp dan keluar dari aplikasi tersebut, maka status online akan menghilang dengan sendirinya.

Mode Pesawat

Cara menghilangkan status online di Whatsapp yang kedua ini, Anda harus bergerak dengan gesit ketika sedang membalas pesan Whatsapp dari orang lain. Pasalnya, jika Anda telat sedikit saja melakukan langkah-langkahnya, maka status Anda akan tetap terlihat oleh orang lain yang menyimpan kontak Anda.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp

Cara menghilangkan status online di Whatsapp dengan mode pesawat ini sangat cocok bagi Anda yang bertanya bagaimana cara setting WhatsApp supaya tidak terlihat online saat sedang membuka aplikasi WA. Ikuti langkah berikut ini.

  • Aktifkan mode pesawat sebelum membuka pesan WA.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Buka pesan yang ingin dibalas.
  • Kirimkan balasan.
  • Keluar dari aplikasi WhatsApp.
  • Matikan mode pesawat
  • Pesan telah terkirim
  • Selesai

Jangan lupa bahwa cara telihat offline di WA dengan menyembunyikan status online di Whatsapp melalui mode pesawat ini membutuhkan kecepatan dan ketelitian Anda pada saat melakukannya.

Demikian dua cara menghilangkan status online di Whatsapp yang bisa Anda lakukan melalui pengaturan Whatsapp maupun mode pesawat. Memang betul bahwa dengan adanya Whatsapp, semua menjadi mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tetapi karena kemudahan ini pula, orang cenderung mengabaikan waktu-waktu yang tepat untuk berinteraksi.

Gunakan cara yang mana saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan ini, Anda akan terhindar dari pesan-pesan yang masuk di waktu yang tidak tepat, misalkan terlalu larut malam di mana sudah waktunya istirahat, atau di akhir pekan yang harusnya Anda gunakan bersama keluarga.