Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Di Android Dan iPhone

Bagaimana cara menonaktifkan WhatsApp sementara di Android dan iPhone? Simak cara menonaktifkan WA berikut ini. Baik tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi. Cocok untuk HP Android, iPhone, Xiaomi, Samsung, Oppo, dan merk lain.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Di HP Android Dan iPhone

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Di HP Android Dan iPhone

Sebagai pengguna aplikasi chatting WhatsApp, kadang ada situasi dimana kita ingin menonaktifkan WA sementara waktu. Misalnya ketika kita sedang belajar, bekerja, main game, ataupun sedang sibuk. Biasnya kita ingin menonaktifkan WA karena banyak notifikasi WhatsApp yang mengganggu aktivitas kita.

Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya bisa saja kita mematikan koneksi internet. Dengan begitu tidak ada lagi pesan WhatsApp yang masuk. Namun kita juga tidak bisa memakai smartphone untuk melakukan hal-hal yang membutuhkan koneksi internet.

Atau kita bisa juga mengabaikan notifikasi WhatsApp yang masuk ke HP kita. Namun banyak dari kita yang merasa risih karena mengetahui ada pesan yang masuk namun kita justru membiarkannya.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang cara menonaktifkan WhatsApp sementara di iPhone dan juga di smartphone Android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, RealMe, Asus, dll. Pastikan Anda mengikuti langkah demi langkah agar terhindar dari notifikasi WA yang mengganggu.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di iPhone dan Android

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, untuk menghindari notifikasi WhatsApp yang mengganggu, kita bisa menonaktifkan aplikasi WA untuk sementara waktu. Nantinya, semua pesan yang dikirimkan kepada kita akan diberi status centang satu. Artinya pesan yang dikirim statusnya pending atau tertunda.

Saat Anda mengaktifkan kembali aplikasi WA dan ada chat WhatsApp yang sudah dihapus pengirimnya, Anda bisa menggunakan cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus pengirimnya. Dengan begitu Anda tetap bisa mengetahui isi WA yang sudah dihapus tadi.

Baiklah dibawah ini kami akan berikan beberapa cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa aplikasi. Ada juga yang menggunakan aplikasi. Anda dapat bebas memilih. Sesuaikan juga dengan smartphone yang Anda pakai, apakah itu handphone Android ataupun iPhone (iOS).

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Aplikasi

Cara paling mudah untuk menonaktfikan WA tanpa mematikan paket data adalah dengan menggunakan fitur “force stop”. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan.

Cara Mudah Menonaktifkan WA Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mudah Menonaktifkan WA Tanpa Menghapus Aplikasi

Untuk menghentikan paksa aplikasi WhatsApp, Anda harus mengambil smartphone Anda. Buka menu “Setting”. Pilih “Apps”. Lalu cari “WhatsApp”. Setelah ketemu, ketuk pada tulisan WhatsApp. Didalamnya ada tombol “Force stop”. Tekan tombol tersebut. Akan muncul pesan pertanyaan, silahkan pilih “OK”.

Gunakan Force Stop Untuk Mematikan WhatsApp Sementara Waktu

Gunakan Force Stop Untuk Mematikan WhatsApp Sementara Waktu

Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Mematikan Data Seluler

Jika alasan Anda menonaktfikan aplikasi WA karena terganggu notifikasi WhatsApp, maka Anda juga bisa menggunakan cara lain. Anda bisa terhindar dari notifikasi WhatsApp tanpa keluar akun (log out) dari aplikasi WA, tanpa hapus data, dan tanpa uninstall WhatsApp.

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp

Yang perlu Anda lakukan hanya mematikan notifikasi WhatsApp. Caranya yaitu seperti langkah diatas. Hanya saja jangan memencet tombol “Force stop”, tapi pilih menu “Notifications”. Nah didalamnya silahkan Anda aktifkan “Block” untuk tidak menampilkan notifikasi dari aplikasi WhatsApp.

Cara Menonaktifkan WA Sementara Di HP Android Menggunakan Hibernator

Untuk menonaktifkan WhatsApp tanpa menghapus aplikasi, Anda juga bisa menggunakan bantuan Hibernator. Cara memakai aplikasi ini juga sangat mudah. Pertama, Anda harus mendownload aplikasi Hibernator.

Setelah itu install, lalu buka aplikasinya. Cari “LAUNCHED APP”. Letaknya ada dibagian bawah, jadi Anda harus menggeser layar ke bawah. Setelah ketemu, carilah aplikasi WhatsApp didalam “LAUNCHED APP”. Anda bisa menggeser layar untuk menemukannya.

Install Hibernator Di HP Android Dan Cari Aplikasi WhatsApp

Install Hibernator Di HP Android Dan Cari Aplikasi WhatsApp

Jika sudah ketemu, perhatikan bagian kanan dari tulisan WhatsApp. Ada simbol “ZZZ”. Agar WhatsApp menjadi non aktif untuk sementara waktu, Anda tinggal menekan simbol “ZZZ” tersebut.

Gunakan Hibernator Untuk Menonaktfikan WhatsApp Dan Mengaktifkannya Lagi

Gunakan Hibernator Untuk Menonaktfikan WhatsApp Dan Mengaktifkannya Lagi

Bagaimana jika Anda ingin mengaktifkan WA lagi? Caranya juga mudah. Buka aplikasi Hibernator. Lalu cari “HIBERNATED APPS”. Kemudian cari aplikasi WhatsApp didalam “HIBERNATED APPS”. Setelah itu tekan simbol “PLAY” yang ada dibagian kanan. Selesai.

Menonaktfikan WhatsApp Melalui Aplikasi Greenify

Jika Anda tidak mau menggunakan aplikasi Hibernator, Anda juga bisa menonaktfikan WhatsApp di Android dengan aplikasi Greenify.

Greenify
Greenify
Developer: Oasis Feng
Price: Free

Cara kerja aplikasi Greenify mirip sekali dengan Hibernator. Intinya Anda tinggal memilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan sementara waktu (hibernasi) hingga Anda mengaktifkannya kembali.

Cara Menonaktfikan WhatsApp Sementara Di Android Dengan Greenify

Cara Menonaktfikan WhatsApp Sementara Di Android Dengan Greenify

Mengoperasikan aplikasi Greenify juga tidak jauh berbeda dengan Hibernator. Download terlebih dahulu aplikasi Greenify. Setelah itu install dan buka aplikasinya. Pilih “Berikutnya”. Jika HP Anda tidak diroot, maka pilih “My device is NOT rooted”. Pilih “Berikutnya”. Lalu centang “Yes, I use it daily” jika Anda menggunakan sensor sidik jari (finger print). Kemudian pilih “Not Now (Manual Hibernation Only)” dibagian bawah. Pilih “OK”. Pilih “Berikutnya”. Pilih “Skip”. Pilih “OK”. Pilih “Finish”.

Selanjutnya barulah Anda akan masuk ke tampilan awal Greenify. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menekan simbol “+” di pojok kanan atas. Lalu pilih WhatsApp. Pilih simbol “ZZZ” dibagian kanan. Selesai.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di iPhone

Bagi para pengguna smartphone iPhone (iOS), Anda dapat menonaktifkan WA tanpa aplikasi pendukung. Caranya yakni dengan mematikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp.

Cara Menonaktifkan WA Di iPhone Tanpa Mematikan WiFi

Cara Menonaktifkan WA Di iPhone Tanpa Mematikan WiFi

Langsung saja buka “Setting”. Geser layar ke bagian bawah. Cari “Notifications”. Setelah itu cari WhatsApp dibagian bawah. Lalu matikan notifikasi WhatsApp dengan menekan simbol lingkaran yang ada disebelah kanan. Untuk menghidupkan kembali notifikasi WA, lakukan cara yang sama.

Matikan Allow Notification Untuk Menonaktfikan WhatsApp di iOS

Matikan Allow Notification Untuk Menonaktfikan WhatsApp di iOS

Nah jika notifikasi WhatsApp sudah diaktifkan, namun ketika ada chat masuk tidak ada notifikasi yang muncul di layar smartphone Anda, berarti Anda perlu membaca artikel kami tentang cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di HP.

Untuk Anda yang masih kurang jelas, mungkin Anda bisa menonton video cara menonaktfikan WhatsApp tanpa mematikan jaringan berikut ini.

Itulah tadi cara menonaktfikan WhatsApp sementara di Android dan iPhone tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi. Cara diatas tidak hanya berlaku untuk aplikasi WhatsApp saja, tetapi bisa juga diterapkan untuk aplikasi yang lain seperti Line, WeChat, dll. Jika ada pertanyaan silahkan langsung tuliskan dikolom komentar. Selamat mencoba.

Leave a Reply